RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Oleh :
NAMA :M.NUR AINI
NIM :2013.4.21.03901
NIMKO :
2013.4.021.0001.1.003182
JURUSAN :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PROGAM
STUDI PENDIDIKAN
ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-MUSLIHUUN TLOGO
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan : MA AL FALAH
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan
: 1 kali pertemuan (1 x 40 menit)
Standar kompetensi : 3. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari sifat jujur
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
( 1 x 40 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
3.5. Memahami makna sifat jujur
|
3.5.1. Mendefiniskan pengertian sifat jujur
3.5.2. Menyebutkan contoh dari sifat jujur
3.5.3. Menyebutkan hikmah dari sifat jujur
|
2
|
4.5. Menyajikan dalil naqli sifat jujur
|
4.5.1.Membaca dalil tentang sifat jujur
4.5.2. Menjelaskan kandungan dalil sifat jujur
|
C. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian sifat jujur
2. Mendeskripsikan nilai-nilai positif
dari sifat jujur
3. Memahami tentang nilai-nilai positif
dari sifat jujur
4. Menganalisis tentang nilai-nilai
positif sifat jujur
5. Menyimpulkan tentang nilai-nilai positif dari sifat jujur
D. Materi Ajar : Nilai-nilai positif sifat jujur
E. Metode :
·
Ceramah
·
Tanya
Jawab
·
Inkuiri
·
Pengamatan
·
Penugasan
F. Sumber Belajar :
·
Buku
paket Aqidah Akhlak yang relevan
·
LKS
Aqidah Akhlak
·
Internet
dan Intranet
·
Dll
G. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
· Pertemuan ke pertama (ke 1) (
1 x 40 menit )
1. Kegiatan awal :
Apersepsi dan motivasi :
o
Memberikan salam
pembuka
o
Menanyakan kepada siswa tentang nilai-nilai positif
sifat jujur.
o
Memotivasi siswa untuk
mempelajari nilai-nilai positif sifat jujur.
2. Kegiatan inti
o
Tanya jawab awal tentang nilai-nilai positif dari sifat jujur.
o
Guru memberikan ilustrasi tentang nilai-nilai positif dari sifat jujur.
o
Guru menyebutkan nilai-nilai
positif dari sifat jujur.
|
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan penutup.
o
Guru mengajak siswa dan siswi untuk membuat kesimpulan tentang nilai-nilai positif dari sifat jujur.
o
Guru memberikan tes secara lisan tentang nilai-nilai positif dari sifat jujur.
o
Memberikan salam penutup
|
|
|
H. Penilaian :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
Ø Menyebutkan nilai negatif akibat tidak
dilaksanakanya sifat jujur
|
Tes Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan nilai negatif akibat tidak
dilaksanakanya sifat jujur ?
|
Ø Menunjukkan hikmah dilaksanakanya sifat jujur
|
Tes
Tulis
|
Jawab Singkat
|
Ø Sebutkan hikmah dilaksanakanya sifat jujur ?
|
Menghetahui
Kepala Madrasah
Moh.Aminudin, S. Ag
|
|
Guru Mapel
Akidah Akhlak
M.Nur Aini
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar